Profesional Revolusionary Cam Maker

Apa itu noken as? Durasi? Lift?

Dalam mesin motor 4-langkah, noken as, adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengatur (menggerakkan) perangkat katup. Cam membuka katup dengan mendorongnya, atau dibantu perangkat mekanisme lain.

Noken as : CAMSPRO

Relasi perputaran camshaft (noken as) terhadap rotasi kruk as sangat penting. Karena klep mengatur aliran pemasukan bahan bakar dan pengeluaran sisa gas hasil pembakaran, mereka harus dibuka dan ditutup pada saat yang tepat selama proses langkah stroke piston. Oleh karena itu, camshaft dihubungkan dengan crankshaft (kruk as) secara langsung, atau melalui mekanisme ” timing gear “, atau secara tidak langsung melalui rantai yang disebut rantai timing.Bagaimanapun prinsip dasar mesin 4 langkah adalah : dua kali rotasi kruk as = satu rotasi noken as.

Timing / waktu buka tutup klep atas perintah noken as dapat dimajukan untuk memproduksi torsi di putaran bawah, atau sebaliknya di mundurkan untuk meningkatkan torsi putaran tinggi.

Beberapa relasi dari noken as adalah :

DURASI ::


adalah angka derajat kruk as dalam putaran mesin selama klep terangkat. Secara umum, semakin besar durasi maka tenaga akan semakin besar. Putaran mesin dimana puncak tenaga terjadi akan meningkat sebagaimana durasi diperlebar, namun konsekwensi efisiensi mesin pada putaran bawah terambil.

Durasi terkadang dapat membungungkan , oleh karena itu standarisasi pengukuran akan kami berikan untuk mengukur durasi itu sendiri.

Durasi pada angkatan klep 0.50mm  akan mengindikasikan seberapa responsive motor akan bekerja pada torsi. Durasi 1.25mm akan mengindikasikan dimana rentang tenaga mesin akan bekerja.

Efek sekunder dari meningkatkan durasi adalah melebarkan overlap, dimana angka derajat kruk as saat kedua klep intake dan exhaust terangkat. Overlap inilah yang mengoptimalkan pemasukan bahan bakar dan pembuangan melalui daya inersia piston. Namun overlaping berlebihan akan menyebabkan bahan-bakar terdorong balik ke karburator, ataupun bahan bakar bersih justru terhisap terbuang ke knalpot, inilah yang mempengaruhi efisiensi mesin dan performa.

LIFT ::

LIFT cam

“Lift” noken as adalah hitungan bersih klep terangkat dari dudukan klep. Semakin jauh klep terangkat, semakin banyak aliran udara dapat diwujudkan. Secara umum, akan sangat menguntungkan. Lift tinggi memiliki beberapa batasan. Pertama, jarak aman terhadap permukaan piston. Kedua, semakin membuat pir klep bersusah payah untuk mengembalikan klep ke posisi semula untuk menjaga kompresi. Meningkatkan lift juga dibatasi oleh konstruksi kepala silinder. Semakin tinggi lift, sama halnya dengan memberi efek memperlebar durasi.

Cam dengan lift terlalu tinggi, pada putaran tinggi, dapat menyebabkan apa yang disebut, “valve bounce” atau klep memantul, dimana tegangan pir klep tak mampu menjaga klep untuk mengikuti radius noken as. Ini biasanya terjadi pada noken as lift tinggi dengan durasi kecil, dan saat mesin melampaui batasan rpm, dapat menyebabkan kerusakan fatal pada mesin.

Untuk menciptakan noken as yang sesuai, dibutuhkan riset, ilmu, dan perangkat yang memungkinkan kesempurnaan terwujud. Dan kami siap membantu menciptakan noken as terbaik bagi kebutuhan anda, untuk kendaraan harian maupun khusus di lintasan balap.

Mail us : cams.master330@gmail.com

Contact us : 083830233107

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.